Mengikuti Lowongan Kerja Terbaru Lewat Email

Tips Membuat CV

sumber gambar : www.google.com 

Pada saat melamar pekerjaan sudah pasti salah satu langkah yang dilakukan adalah membuat CV atau daftar riwayat hidup. CV yang anda buat merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya anda pada perusahaan tersebut.  Tak hayal agar curriculum vitae terlihat sempurna maka banyak juga yang memalsukan identitas pada CV agar apa yang tertulis terkesan sempurna. Mereka meremehkan surat lamaran kerjaan terkadang banyak sekali kesalahan yang dibuat pada saat membuat curriculum vitae

Perlu diingat bahwa curriculum vitae merupakan salah satu faktor yang sangat dipertimbangkan yang langsung dinilai  oleh pihak perusahaan pada saat melamar pekerjaan. Semakin baik CV yang anda buat maka semakin besar juga kesempatan anda untuk bekerja pada peruahaan yang anda inginkan. 

Hal-hal yang wajib diperhatikan apabila membuat curriculum vitae /Daftar riwayat hidup adalah :

  • Sesuai dengan kenyataan anda sekarang ini, banyak seklai pelamar yang asal asalan dalam membuat surat lamaran kerja, padahal mereka menyadari bahwa posisi yang sedang dibutuhkan pada perusahaan yang membuka lowongan tidak sesuai dengan dengan latar belakang / pengalaman anda. Hal ini akan membuat anda semakin kecil untuk mendapatkan kesempatan untuk bekerja pada perusahaan yang sedang anda lamar saat ini. Pastikan pada saat membuat CV ataupun surat lamaran kerja sesuai dengan posisi yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.


  • Jujur, banyak sekali orang yang membuat curriculum vitae tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, Mereka membuat hal tersebut dengan tujuan agar terlihat sempurna di mata perusahaan yag sedang mencari pekerja. Hal ini justru akan membuat bumerang bagi diri anda jika suatu saat anda memasuki tahap tes interview dan pewawancara melakukan tes wawancara terhadap anda.  Alangkah baiknya anda menulis atau mencantumkan hal-hal yang ada pada diri anda tanpa ada kebohongan. 


  • Tulis dengan benar, jangan pernah menganggap remeh pada saat anda menulis surat lamaran kerja serta curriculum vitae. Jika anda sudah selesai menulis daftar riwayat hidup anda, alangkah baiknya anda membaca ulang apa yang sudah anda tulis. Jangan sampai perekrut menganggap anda adalah seseorang yang ceroboh dan meremehkan diri anda ketika membaca cv yang anda buat asal-asalan.


  • To the point, buat cv sebaik mungkin. yang dimaksud baik disini adalah curriculum vitae yang anda buat cv secara terorganisir serta mudah untuk dibaca dan dipahami.  Tulisan ataupun jenis huruf yang anda pilih untuk membuat cv janganlah menggunakan font yang memiliki variasi seperti font arial, calibri. Gunakan font yang umum. Gunakan paragrap sesuai kebutuhan jangan sampai bertele-tele. 
Judul: Tips Membuat CV; Ditulis oleh Loker Surakarta; Rating Blog: 5 dari 5

0 Response to "Tips Membuat CV"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...