Hal-Hal Yang Harus Dihindari Dalam Tes Interview

Sumber Gambar : Google.com
Pernahkah anda mengalami test sebelum masuk di dunia kerja. Ada beberapa tahapan test yang harus dilalui oleh para pencari kerja agar bisa lolos dalam suatu persaingan atau kompetisi di dunia kerja. Sedangkan dari pihak yang mencari pekerja atau mencari SDM ( Sumber Daya Manusia ) memiliki kriteria khusus unruk bisa lolos memasuki jabatan yang dibutuhkan dalam perusahaan. Kriteria-kriteria yang mereka inginkan sudah ada dalam satu draft dan tinggal mencari SDM yang sesuai atau paling tidak mendekati kriteria yang diinginkan.
Salah satu tahapan yang harus dilalui oleh para pencari kerja adalah tahapan interview. Tahapn interview merupakan salah satu tahapan yang penting pada saat mencari pekerjaan. Biasanya dilakukan face to face antara pencari kerja dan dari pihak perusahaan. tanya jawab secara langsung biasanya akan membuat calon pegawai akan grogi. Salah sedikit dalam menjawab maka akan fatal akibatnya. Bisa-bisa pekerjaan yang anda impikan selama ini akan melayang dan hanya akan menjadi impian belaka. 
Ada beberapa hal yang biasanya menggagalkan seseorang dalam tahapan tes interview, maka dari itu ada beberapa hal yang harus benar-benar dihindari, diantaranya adalah :
1. Ke-"PD" an. 
Rasa percaya diri memang sangat diperlukan akan tetapi jika rasa percaya dirinya berlebihan yang ada malah kita dianggap sok tahu. Ini yang akan membuat bumerang bagi anda. Pewawancara pasti akan bisa menyimpulkan bahwa anda tidak akan bisa bekerja dalam perusahaannya karena dalam perusahaan biasanya dibutuhkan tenaga kerja yang bisa bekerja secara berkelompok (team work). Jadi hilangkanlah rasa percaya diri anda yang berlebihan,

2. Grogi.
Cobalah benar-benar mempersiapkan diri sebelum melakukan test interview. Biasanya jika kita berhadapan dengan seseorang secara langsung yang memberikan pertanyaan kepada kita secara langsung juga maka kemungkinan besar kita akan grogi. Cobalah mengatur nafas anda sebelum memasuki ruang interview. Tatalah diri anda untuk tetap tenang. Jika pewawancara sudah melontarkan pertanyaan maka cobalah untuk menjawab dengan jujur. Karena jawaban jujur akan membuat anda lebih tenang dan nyaman dalam menjawabnya serta anda pasti akan lebih mudah untuk mengutarakannya segala sesuatunya. 

3. Jangan pernah membicarakan hal-hal yang tidak pasti.
Sok kenal dan sok akrab akan menggagalkan anda dalam tahapan ini. Ini masih menyangkut dengan rasa percaya diri yang berlebihan. Jika rasa percaya diri berlebihan dan anda sok kenal dan sok akrab kepada pewawancara maka yang ada anda akan membicarakan atau membuka pembicaraan yang tidak penting untuk dibicarakan. Hindari hal yang seperti ini.

4. Berpakaian rapi dan sopan.
Yang dimaksud disini adalah pakaian yang anda kenakan harus layak pakai dan sopan. Dalam artian jika pelamar kerja adalah cowok maka pakailah celana panjang berbahan kain, hindari menggunakan celana bahan jeans. Gunakan kemeja jangan memakai kaos oblong. Pakailah sepatu kerja jangan sepatu sport.
Jika pelamar kerja cewek maka berpakaianlah yang sopan. Rok dan blazer dengan kemeja di dalamnya misalnya. Tidak perlu memakai make up yang menor. gunakan sepatu dengan hak yang tidak tinggi.

5. hindari topik politik ataupun SARA.
Jangan pernah terpancing dengan pewawancara yang dengan santai mengajak anda mengobrol. Ini bia dibilang salah satu trik dari pewawancara untuk menggali sisi dalam dari si pencari kerja. Jika anda terpancing maka yang ada obrolan yang tidak perlu dibahas akan muncul. hal yang perlu diperhatikan agar kita tidak terpancing dalam obrolan yang tidak perlu dilanjutkan adalah obrolan tentang politik dan SARA.

6. Parfum yang menyengat.
Pilihan parfum masing masing individu tidaklah sama. Selera dari masing-masing orang pastinya berbeda. Jadi hindari memakai parfum yang menyengat hidung. Karena ini akan membuat obrolan atau sesi wawancara akan terganggu karena si pewawancara tidak akan fokus dalam memberikan pertanyaan ataupun mendengarkan jawaban dari anda.
Judul: Hal-Hal Yang Harus Dihindari Dalam Tes Interview; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

0 Response to "Hal-Hal Yang Harus Dihindari Dalam Tes Interview"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...