Mengikuti Lowongan Kerja Terbaru Lewat Email

Tips Menghadapi Tes Wawancara

Sumber Gambar: www.google.co.id 
Tahapan proses penerimaan karyawan baru ada bermacam, salah satunya adalah tes wawancara. Tahapan ini bisa dibilang ujungnya dari perjalanan proses tes sebelumnya. Biasanya tes wawancara dilakukan pada proses paling terakhir. Adapun tujuan dari tes wawancara ini adalah untuk mengetahui latar belakang dari calon pegawai, wawasan ataupun pengalaman yang dimiliki calon pegawai, ketrampilan yang dimilki serta segala sesuatu yang berhungan antara pelamar dan perusahaan. Biasanya yang melakukan tes wawancara adalah dari pihak HRD perusahaan. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat berhadapan langsung dengan HRD agar tes yang akan berlangsung bisa dilalui dengan lancar, diantaranya adalah :
a. Pertanyaan yang biasa dilontarkan oleh pewawancara biasanya tidak jauh dari latar belakang dari calon pegawai itu sendiri. Karena pewawancara tentunya sudah mendalami berkas-berkas surat lamaran yang anda kirimkan sehingga pewawancara bisa dipastikan menguasai latar belakang anda. Selain itu pewawancara juga akan menanyakan kelbihan dan kekurangan dari calon pegawai, apa yang membuat calon pegawai menjadi tertarik dengan perusahaan, gaji yang diinginkan, pengalaman kerja sebelumnya, serta loyalitas dengan perusahaan. Cobalah menjawabnya dengan jujur karena jawaban yang jujur akan membuat anda lebih mudah mengutarakan. jawaban yang terbata-bata akan mengurangi nilai dari tes wawancara tersebut.

b. Cobalah bersikap tenang agar segala pertanyaan bisa dijawab dengan lancar. Perhalus nada suara anda tetapi jangan berlebihan. Karena sikap dari calon pegawai juga menjadi pertimbanagan akan diterima atau tidaknya pada perusahaan tersebut. 

c. Berpakaian yang rapi dan sopan sangat diharuskan. Pakailah parfum agar lebih menunjang rasa percaya diri anda. Tapi ingat, aroma parfum jangan yang terlalu menyengat.

d. Pertanyaan dari pihak perusahaan sering menjebak calon pegawai. Jadi persiapkan diri anda dengan matang agar bisa menjawab setiap pertanyaan dengan baik. Jika ingin menggemukkan jawaban maka pikirkan terlebih dahulu. Karena penggemukan jawaban anda justru akan dijadikan senjata oleh pewawancara untuk memberi pertanyaan selanjutnya.

e. Alangkah baiknya carilah informasi sebanyak banyaknya tentang perusahaan yang akan dimasuki. Agar pada saat pertanyyan yang menyangkut atau berhubungan dengan perusahaan bisa dijawab engan baik. Ini menandakan bahwa anda memang benar-benar niat untuk bekerja pada perusahaan tersebut.
Judul: Tips Menghadapi Tes Wawancara; Ditulis oleh Loker Surakarta; Rating Blog: 5 dari 5

0 Response to "Tips Menghadapi Tes Wawancara"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...