Tips Menghadapi Wawancara User

sumber gambar : google.co.id 

Ada beberapa jenis tes wawancara dalam mencari pekerjaan, diantaranya adalah wawancara user. Yang dimaksud dengan wawancara user adalah wawancara dimana peserta atau calon pegawai satu dipertemukan dengan calon pegawai lainnya.  Biasaya dikumpulkan pada suatu tempat yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara tes wawancara. 

Sebuah topik tertentu akan diberikan dalam bentuk verbal yang akan dipresentasikan kepda user lainnya.  Hal ini memerlukan sikap mental yang bagus, jika anda tidak memiliki nyali untuk berbicara di depan orang alhasil tahapan ini anda tidak akan lolos.

Ada beberapa tips untuk menghadapi  wawancara kerja user, diantaranya adalah :

1. Istiarahat yang cukup sebelum melakukakn tes wawancara sangat penting, karena anda akan terlihat segar dan terlihat baik serta menghilangkan rasa grogi ketika tes wawancara berangsung.

2. Usahakan berpakaian yang rapi dan sopan. Jangan berpakaian yang terlalu berlebihan. Jika anda perempuan alngkah baiknya menggunakan pakaian yang formal dan rapi ( setelan blazer ), hindari memakai pakaian yang minim serta memakai make up yang tebal. Jika anda laki-laki maka alangkah baiknya menggunakan celana panjang berbahan kain serta kemeja. Gunakan sepatu kerja jangan menggunakan sepatu olahraga.

3. Anda harus benar-benar memahami tentang resume diri anda sendiri karena kemungkinan akan menjadi sumber interview nantinya. Ini tidak akan sulit bagi anda tentunya  karena hal ini menyangkut tentang diri anda sendiri.

4. Cobalah untuk me - review tentang tugas akhir anda. Tidak perlu membaca semuanya tetapi paling tidak anda mengerti tentang point-point pokok pada tugas akhir yang pernah anda buat pada saat kuliah dahulu.

5. Carilah informasi tentang perusahaan yang sedang anda lamar. Cobalah untuk membuka situs web karena ini menunjukkan tentang keseriusan dan minat anda bergabung dalam perusahaan yang anda inginkan.

6. Pada saat pewawancara selesai memberi pertanyaan maka anda jangan langsung menyambar untuk menjawabnya. Beri jeda beberapa detik kemudian anda baru bisa untuk menjawabnya.

7. Datang tepat waktu, atau paling tidak buatlah anda yang menunggu pewawancara. Jangan sampai pewawancara yang menunggu kedatangan anda. Ini merupakan nilai minus tentang kedisiplinan.

8. Jika memang ada pertanyaan yang sama sekali anda tidak bisa menjawabnya maka anda harus berusaha menjawab dengan jujur dan yakinkan kepada pewawancara bahwa anda akan siap untuk mempelajari hal-hal baru yang terkait tersebut. 
Judul: Tips Menghadapi Wawancara User; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

0 Response to "Tips Menghadapi Wawancara User"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...