Tips Menghadapi HRD

Sumber Gambar : www.google.co.id 
Dalam setiap kompetisi pasti ada istilah menang dan kalah. Apapun hasil akhir dari sebuah kompetisi maka kita harus siap menerimanya. Hasil akhir dari sebuah kompetisi tergantung dari usaha yang kita lakukan pada saat proses kompetisi berlangsung. Jika kita melakukannya dengan niat dan usaha yang baik tentu saja hasilnya juga akan memuaskan. Lain halnya apabila kita melakukan tanpa ada persiapan yang matang dan hanya asal menjalankannya saja maka jangan berharap hasilnya akan sesuai dengan yang kita harapkan. 


Begitu juga pada saat kita melamar suatu pekerjaan.  Melamar pekerjaan sama halnya dengan kompetisi. Tidak hanya kita yang menginginkan jabatan pada perusahaan yang sedang membuka lowongan. Tetapi banyak sekali orang yang menginginkannya atau  bahkan sampai ribuan orang. 

Salah satu tahapan dalam proses mencari kerja adalah tes wawancara. Biasanya dalam tahap tes wawancara ini dilakukan oleh pihak perusahaan yaitu pihak HRD. HRD merupalkan salah satu kedudukan dalam perusahaan yang mempunyai peranan penting dan bersifat otoritas. Mereka memiliki tanggung jawab yang sangat besar terhadap calon karyawan yang akan diterima bekerja. Jadi apabila anda sudah mulai masuk tahapan tes wawancara maka persiapan yang matang harus benar-benar ada. 

Cara menjawab setiap pertanyaan yang diberilkan oleh HRD harus benar-benar anda fikirkan. Biasanya dari pihak HRD akan memberikan pertanyaan yang sifatnya seperti tekanan terhadap calon pegawai. Padahal sebenarnya pertanyaan dari pewawancara ringan-ringan saja. Mungkin karena situasi dan kondisi jadi si calon pegawai merasa tertekan.

Berikut akan diuraikan bagaiman caranya menjawab setiap pertanyaan dari pihak HRD, diantaranya adalah :
1. Mulailah dengan berjabat tangan dan memberikan salam kepada pewawancara.
2. Selalu bersikap ramah dan tersenyum selama proses wawancara. Usahakan untuk rileks jangan sampai tegang. Karena jika kita tegang maka yang ada jawaban yang muncul dari mulut kita akan terbata-bata. 
3. Usahakan untuk menjaga kontak mata dengan pewawancara
4. Setiap  pertanyaan cobalah untuk menjawab dengan percaya diri. Tapi ingat percaya diri yang berlebihan justru akan membuat pewawancara menganggap anda "sok tahu". Percaya diri yang dimaksud adalah percaya diri yang masih menaruh hormat dengan pewawancara serta jujur.
5. Cobalah untuk selalu memasukkan ketrampilan dan pengalaman dalam setiap jawaban yang ada sampaikan.
Judul: Tips Menghadapi HRD; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

0 Response to "Tips Menghadapi HRD"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...