Tips Melakukan Tes Wawancara Menggunakan Bahasa Jepang

sumber gambar : google.co.id 
Bercita-cita ingin bekerja ke luar negeri memang menjadi impian banyak orang.  Salah satu negara yang menjadi pilihan adalah negara jepang. walaupun tidak bisa bekerja di negeri Jepang paling tidak kebanyakan orang ingin bekerja di perusahaan atau instansi Jepang yang ada di negara kita Indonesia. 


Tentu saja salah satu syarat wajib yang harus dimiliki calon pegawainya adalah bisa dan lancar menggunakan bahasa Jepang. Maka dari itu persiapakan diri anda sejak dini dengan mengukuti kursus bahasa jepang agar pada saat tes nantinya anda bisa menjalaninya dengan lancar.

Berikut beberapa pertanyaan menggunakan bahasa jepang yang biasa diberikan oleh pewawancara kerja, diantaranya adalah :
1. Anata ga daredearu ka o oshietekudasai?
Artinya adalah " Ceritakan siapa diri anda ". Pertanyaan ini bisa mencakup latar belakang pendidikan anda, aktifitas apa yang anda lakukan selama berada di bangku sekolah, serta pengalaman yang sudah anda miliki.

Jawaban yang bisa anda berikan adalah :
" Watashi wa UNS daigaku, chikyū butsurigaku no kōsu de watashi no S 1 o kanryō shita. Daigaku no ma, watashi wa menbā ya kanrisha nado, ōku no gakusei dantai de katsuyaku shite ita. Daigaku o oe, watashi ga junia jishin dēta shori to shite X-sha ni kinmu shite imashita. Watashi wa keiken Indoneshia no samazamana bun’ya no tame no 2 D jishin tansa dēta shori o okonau koto ga arimasu "

yang artinya :
" Saya menyelesaikan S1 saya di UNS, program studi Geofisika. Selama kuliah saya aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan sebagai anggota dan pengurus. Selesai kuliah, saya bekerja di perusahaan X sebagai Junior Seismic Processing. Saya berpengalaman melakukan pengolahan data seismik 2D untuk berbagai lapangan di Indonesia ".
2. Naze anata wa kono kaisha de hatarakitaidesu ka?
Artinya adalah " Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini? "Cobalah untuk menceritakan latar belakang dari perusahaan yang anda lamar tersebut. Dan pengalaman kerja yang anda miliki bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan tersebut.

jawaban yang bisa anda berikan adalah :
“Dōsha wa, zenkoku demo yūsū no jishin shori sābisu kaishadesu. Soshite, watashi no senmon chishiki wa, jishin dēta shoridearu. Watashi wa kaisha ga shōrai-teki ni jibun no kyaria o sapōto suru koto ga dekiru to shinjite, sono gyaku mo watashi wa kaisha ni kōken suru koto ga dekiru.”

Yang artinya :
“Perusahaan ini adalah perusahaan jasa seismik processing terkemuka di tanah air. Dan keahlian saya adalah seismik processing. Saya yakin perusahaan dapat menunjang karir saya ke depannya, begitu pula sebaliknya saya dapat berkontribusi kepada perusahaan.”

3. Anata ga shigoto no tame ni betsu no kaisha o sentaku suru koto ga dekireba, dono kaisha o erabu nodeshou ka?
Artinya adalah : Jika anda diberi kesempatan untuk memilih, maka perusahaan lain mana yang akan anda pilih. Pertanyaan ini biasanya menjebak calon pegawai. Jika anda salah menjawab maka nilai minuslah yang akan anda dapat.

Jawaban yang bisa anda berikan adalah :
 “Kono kaisha ni tekiyō suru kettei suru mae ni, watashi wa jizen ni kenkyū o ittekita to watashi wa, kore wa watashi ga motte iru senmon chishiki ni motodzuite watashi no kyaria ni mottomo tekishita kaishadearu to kangaete i.”
Yang artinya :
“Sebelum memutuskan melamar ke perusahaan ini, saya telah melakukan riset terlebih dahulu dan saya yakin perusahaan inilah yang paling tepat untuk saya berkarir sesuai dengan keahlian yang saya miliki.”

4. Anata wa hokanohito ga suru koto wa dekimasenga, kaisha no tame ni ōbo-sha o ataeru koto ga dekimasu dōomoimasuka?
Artinya adalah : apa kelebihan yang anda miliki yang bisa bermanfaat bagi perusahaan dan pelamar yang lain tidak memiliki kelebihan tersebut.  Berikan jawaban tentang pengalaman kerja yang sudah pernah anda lakukan sebelumnya.

Jawaban yang bisa anda berikan adalah :
“Watashi wa, jishin dēta shori no bun’ya de chōdo saigo no sagyōde wa arimasen. Watashi ga chokusetsu kokyaku to taiwa suru tame ni shiyō sa reru ikutsu ka no purojekuto ya jishin dēta shori ni kakawatte kimashita. Watashi wa, koreha, hoka no shutsugan hito ni yotte shoyū sa rete inai to omoimasu.”

Artinya :
“Saya tidak sekadar tugas akhir di bidang seismic processing. Saya sudah terjun langsung dalam beberapa proyek pengolahan data seismik dan terbiasa berinteraksi dengan klien. Saya kira ini tidak dimiliki oleh pelamar lainnya.”

Itulah beberapa pertanyaan pada saat tes wawancara berlangsung dengan menggunakan bahasa jepang. Jika anda telah memiliki basic bahasa jepang yang baik dan benar maka anda tidak perlu khawatir.
Semoga bermanfaat...
Judul: Tips Melakukan Tes Wawancara Menggunakan Bahasa Jepang; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

0 Response to "Tips Melakukan Tes Wawancara Menggunakan Bahasa Jepang"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...