Mengikuti Lowongan Kerja Terbaru Lewat Email

Contoh Petanyaan Tes Interview ( Tes Wawancara )

sumber gambar : google.co.id
Interview atau tes wawancara merupakan salah satu tahapan dalam rekruitmen karyawan baru. Tahapan ini dilakukan setelah anda melewati beberapa tahapan sebelumnya misalnya saja tes administrasi berkas-berkas lamaran . Tes wawancara merupakan tahapan yang bisa dibilang tahapan kritis dari beberapa tahapan tes yang ada. Tahapan ini akan benar-benar menguji anda apakah anda layak untuk bergabung pada perusahaan tersebut atau tidak. Banyak sekali calon pegawai yang tidak lolos dalam tahapan ini dikarenakan jawaban yang mereka berikan tidak sesuai dengan keinginan pewawancara. 

Untuk mengantisipasi agar kita tidak gagal dalam tahapan ini maka dibawah ini akan diuraikan beberapa pertanyaan yang bisa menjadi gambaran calon pegawai pada saat melakukan tes tersebut, sera mempersipakn mental dan kepercayaan diri calon pegawai saat menghadapi pewawancara dari pihak perusahaan. 

Beberapa pertanyaan tersebut diantaranya adalah :
1. Apa yang anda ketahui tentang kami?
hal ini biasanya dipertanyakan oleh pewawancara . Jadi alangkah baiknya sebelum mengikuti tes wawancara sempatkanlah untuk browsing tentang perusahaan tersebut. Ini bisa menjadi nilai positif untuk pewawancara karena pewawancara akan menilai anda memang benar-benar memiliki niat untuk bekerja pada perusahaan tersebut. Jangan pernah menceritakan tentang hal-hal negatif ataupun keburukan tentang perusahaan tersebut. Meskipun mungkin perusahaan tersebut pada saat sekarang ini sedang ada permasalahan yang sudah anda ketahui. Tonjolkan tentang kebaikan -  kebaikan dari perusahaan tersebut.

2. Apa alasan anda berhenti dari pekerjaan sebelumnya?
Apapun yang menjadi alasan berhenti pada perusahaan sebelumnya maka anda harus memberi jawaban yang positif kepada pewawancara. Biasanya alasan ingin mencari kesempatan kerja yang lebih baik serta peluang melakukan sesuatu yang istimewa dalam karir anda sering digunakan untuk mnejjawab pertanyaan tersebut. 

3. Pengalaman apa yang anda miliki?
Jawablah yang lebih spesifik tentang keahlian yang anda miliki. Setidaknya mendekati keahlian pada bidang yang sedang anda lamar pada saat itu.

4. Apakah anda sudah menganggap diri anda sukses?
Jawablah dengan penuh  keyakinan "IYA". Salah sati keberhasilan yand sudah anda miliki contohnya saja dalam karir.

5. Apa yang anda cari dalam sebuah pekerjaan?
Jangan pernah menjawab pertanyaan dengan menyangkut masalah pribadi keuangan anda. Pilihlah jawaban yang tepat misalnya saja adalah anda ingin memberikan kontribusi pada perusahaan yang anda lamar saat ini.

6. Mengapa anda tertarik dengan perusahaan kami?
Behati-hatilah dalammenjawab pertanyaan ini karena pertanyaan ini memerlukan pengetahuan tentang perusahaan serta karir jangka panjang yang ingin anda raih.

7. Berapa gaji yang anda inginkan?
Sangat sulit memang menjawab pertanyaan ini. Pertanyaan ini cenderung sensitif. Cobalah untuk menerima pertanyaan ini dengan sedikit tersenyum dan katakan kepada peawawancar " Maaf sebelumnya,pertanyaan yang sulit. Tapi apakah Bapak/Ibu bisa menjelsakan kisaran gaji untuk posisi saya ini?". Jika dari pihak perusahaan tidak bisa memberikan jawaban tentang pertanyaan anda maka anda harus bertanya tentang detail tanggung jawab yang akan anda pegang nantinya. Disini anda baru bisa menyebutkan kisaran gaji yang ingin anda harapkan. Pertegas lagi bahwa nominal yang anda sebutkan hanyalah kisaran.

Dari uraian diatas merupakan sedikit gambaran yang bisa dijadikan bekal untuk menghadapi tes wawancara yang selama ini menjadi momok bagi para calon pegawai yang ingin melamar pada perusahaan yang mereka inginkan.
Semoga bermanfaat...sukses selalu buat anda semua...
Judul: Contoh Petanyaan Tes Interview ( Tes Wawancara ); Ditulis oleh Loker Surakarta; Rating Blog: 5 dari 5

1 Response to "Contoh Petanyaan Tes Interview ( Tes Wawancara )"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...